Selasa, 11 Maret 2014

Resistor jenis dan Fungsinya

SIMBOL RESISTOR adalah sebuah lambang dari sebuah resistor. Resistor sendiri sebenarnya merupakan komponen elektronik yang bersifat pasif. Hal tersebut mengandung arti bahwa resistorberfungsi untuk menahan arus listrik dengan memanfaatkan kedua kutubnya untuk memproduksi tegangan listrik. Resistor sendiri memiliki beberapa simbol yang berfungsi untuk mengetahui nilai resistor guna mendukung komponen yang akan digunakan. Dari berbagai simbol yang ada kita bisa menentukan fungsi dari resistor itu sendiri. Untuk menentukan nilai resistor sendiri kita bisa menghitung dari warna gelang yang terdapat pada tubuh resistor. Penghitungan nilai dengan gelang warna diaplikasikan pada resistor jenis Film Karbon dan Film Metal. Selain itu, kita bisa menghitung nilai resistor berdasarkan nilai angka yang terdapat pada resistor jenis SMD ( Surface-mount Device ).
tidak memerlukan listrik ketika bekerja. Resistor

Contoh Gambar Simbol Resistor dan Fungsinya

Simbol Resistor dan Fungsinya
Terdapat beberapa simbol resistor sekarang ini. Yang pertama adalah simbol Fixed Value Resistor ( IEC Symbol ). Simbol ini memiliki dua kutub lurus dengan kotak berbentuk persegi panjang ditengah. Untuk Fixed Value Resistor dengan garis zig-zag tengah. Untuk Variable Resistor ( Potentiometer) memiliki gambar garis panah menunjuk pola zig-zag ditengah. Pada Variable Resistor ( Rheostat ) dengan gambar mirip dengan Variable Resistor namun gambar panah menyilang ditengah pola zig-zag. Selain itu teradapat LDR atau Light Dependant Resistor dengan gambar lingkaran ditengah dengan persegi panjang ditengah-tengah lingkaran. Simbol selanjutnya adalah Thermistor. Thermistor memiliki tampilan pola zig-zag ditengah dibungkus dengan lingkaran dengan tulisan “ to ” .
Simbol-simbol resisitor tersebut bertujuan untuk memudahkan kita saat mengetahui jenis resistor tanpa melihat secara langsung bentuk resistor yang diinginkan. Resistor sendiri memiliki beberapa fungsi pada rangakaian elektronik. Yang pertama, seperti yang kami sebutkan diatas resistor berfungsi untuk menahan arus listrik. Selain itu resistor berfungsi untuk menghambat arus listrik. Berbagai resistor juga berfungsi untuk membagi arus listrik dan juga pengaman arus berlebih pada beberapa komponen. Resistor juga berfungsi untuk menurunkan tegangan yang dinilai terlalu tinggi yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar